Kamis, 28 Desember 2017

Perhatikan Beberapa Tips Untuk Merawat AC

Indonesia memang memiliki suhu udara yang cukup hangat dan lembab. Ini menjadi alasan mengapa Anda perlu untuk menginstalasi AC (air conditioner) di rumah. Dengan adanya AC sungguh akan membantu untuk mengusir rasa gerah atau panas yang melekat. Walaupun ada kipas angin yang juga bisa menghilangkan panas, tetapi tidak mempunyai fitur pendingin seperti yang dipunyai AC.

AC menjadi pilihan yang tepat, akan tetapi jika terus menerus dinyalakan sepanjang hari maka akan mempercepat umur dari AC. Bisa jadi akan menimbulkan kerusakan pada mesin. Tentu Anda tidak ingin AC kesayangan rusak, apalagi di saat – saat cuaca yang panas. Nah, untuk memperpanjang umur dari mesin AC atau agar bisa menjaganya lebih awet tentu memerlukan perhatian yang khusus.

Ini dia beberapa cara agar AC tetap awet :

1.      Sebelum Anda membeli AC, lebih baik mengetahui ukuran dari PaardeKracht (PK) AC. Ketahui juga ukuran ruangan agar dapat disesuaikan dengan ukuran PK AC. Jika ukuran PK terlalu besar daripada ukuran ruangan maka AC juga akan terasa terlalu dingin. Tetapi, jika PK dari AC terlalu kecil daripada ukuran ruangan, maka AC terasa tidak terlalu dingin dan mesin AC juga akan bekerja keras untuk mendinginkan ruangan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui ukuran PK yang cocok untuk ruangan.

2.      Jika menyalakan AC lebih baik usahakan untuk menutup ruangan dengan rapat. Ini berfungsi agar AC tidak bekerja dengan terlalu keras untuk mendinginkan ruangan dan bisa terasa sejuk.

3.      Apabila Anda akan bepergian, lebih baik matikan AC. Selain nanti Anda bisa menghemat energi, juga bisa menghemat uang pengeluaran.

4.      Gunakan pula fitur time saat menyalakan AC sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya AC dinyalakan paling lama sekitar 5 jam. Sesudahnya matikan AC agar mesin bisa dingin. Maka dari itu, gunakan fitur timer agar mesinnya dapat terjaga dengan baik.

5.      Lebih baik jangan terlalu sering untuk mengatur suhu dari AC menjadi 22 derajat celcius atau dibawahnya. Jika terlalu sering mengatur suhu dibawah 22 derajat celcius, maka bisa membuat mesin AC cepat panas. Selain itu, suhu 22 derajat adalah suhu yang pas bagi ruangan di iklim Indonesia.

6.      Bersihkan bagian dalam AC secara rutin dan bisa dilakukan sebulan sekali jika udara tidak teralu kotor. Tetapi, jika udaranya keruh atau kotor bisa dilakukan pembersihan dua kali dalam sebulan.

7.      Lakukan pengecekan Freon dalam AC. Jika Freon mengalami kebocoran atau pengurangan, maka AC bisa menjadi kurang dingin. Lebih baik setiap 6 bulan sekali adakan pengecekan Freon pada AC oleh teknisi AC. Tidak hanya bagian dalam AC saja, blower yang ada di luar gedung lebih baik dibersihkan dengan rutin agar sirkulasi udara bisa menjadi semakin segar.

Itu dia beberapa tips untuk merawat AC agar tetap awet. Lakukan hal – hal diatas dengan rutin agar AC bisa terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. Namun, jika suatu saat AC Anda ternyata mengalami masalah, jangan ragu untuk menggunakan jasa service AC. Saat ini ada banyak orang yang menyediakan jasa untuk menyervis AC, salah satunya adalah service AC surabaya.


Dengan menggunakan jasa service AC, Anda juga akan mengetahui apa saja masalah yang ada pada AC dan juga bisa langsung menanganinya dengan tepat tanpa takut AC Anda semakin rusak. Anda juga bisa bertanya seputar masalah AC dan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk terus menjaga keawetan AC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar